Jumat, 26 April 2013

Dua Cara Menyembunyikan File Atau Folder Privasi Secara Aman

Tips dan trik kali ini saya ingin berbagi cara menyembunyikan file atau folder. Terkadang kita mempunyai file pribadi yang tidak ingin di lihat orang lain atau suatu dokumen penting yang akan tidak boleh sampai di lihat orang lain. Apalagi bila kompi kita sering di pakai oleh banyak orang, maka file atau folder penting itu perlu di sembunyikan.

Ada dua cara untuk menyembunyikan file atau folder dan cara yang paling simple adalah dengan mengubah properties file atau folder tersebut menjadi hidden.
Langkah-langkahnya yaitu :
1.    Klik kanan pada file atau folder yang ingin di hidden dan pilih properties
2.    Klik/beri tanda centang pada menu hidden yang berada paling bawah kemudian OK.
3.    Selanjutnya akan muncul menu “Confirm attribute confirme “ klik OK.
4.    Maka file atau folder anda tadi telah hilang.
Cara mengembalikannya :
1.    Masih di dalam folder tempat file yang di hilangkan tadi berada. Bisa di lihat pada gambar di atas, folder yang saya hilangkan tadi berada di dalam folder My document2. Klik pada menu Organize pada header (lihat tanda panah pada gambar di atas) dan pilih “folder and search options”
2.    Akan muncul kotak dialog folder options, pilih menu view dan klik show hidden files, folders, and drivers.
3.    Maka file anda akan muncul kembali.

Padanya kenyataannya,umumnya opsi “don’t show hidden files and folder” tidak diaktifkan sehingga file atau folder hidden tetap kelihatan.
Cara lain yang dapat anda coba adalah :
•    Klik Start > Run
•    Ketik cmd klik Ok atau enter
•    Ketik attrib +s +h “alamat file atau folder yang ingin dihidden”. Tekan enter. Contoh: attrib +s +h “d:\koleksi film dewasa” atau attrib +s +h “d:\koleksi film dewasa.zip”

File atau folder tersebut tidak akan terlihat di Windows Explorer kecuali pengguna komputer menonaktifkan opsi “Hide protected operating system files (recommended)”,  lihat gambar diatas. Biasanya sih jarang yang iseng menonaktifkan opsi tersebut hehehe..

Untuk mengakses kembali file atau folder yang di hidden tersebut, ketikkan saja alamat file atau folder tersebut di address bar windows explorer.

Dan bila anda ingin mengembalikan folder atau file yang kita hidden dengan cara diatas adalah dengan mengetikkan: attrib -s -h “d:\koleksi miyabi” atau attrib -s -h “d:\miyabihot.zip”

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Artikel Terkait
Judul: Dua Cara Menyembunyikan File Atau Folder Privasi Secara Aman ; Ditulis oleh Al Mustakim; Rating Blog: 5 dari 5

1 komentar:

  1. mkasih gan ,,, postingan dua-cara-menyembunyikan-file , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    BalasHapus