Kamis, 28 Februari 2013

Manfaat Terapi Air Putih

 

Air sangatlah di butuhkan di dalam keberlangsungan hidup manusia, itulah mengapa air lebih banyak jumlahnya di permukaan bumi ini. Lihatlah lautan yang luas itu, samudera, sungai , danau, dll kalau mau di bandingkan dengan daratan, maka pastilah daratan tidak ada apa-apanya. Di dalam tubuh manusia pun ada air, ya tentu saja berasal dari air yang kita minum. Orang yang kekurangan air di dalam tubuhnya sering di panggil dehidrasi. Agar seseorang tidak mengalami dehidrasi maka setidaknya ia perlu mengonsumsi air putih sekurang-kurangnya 8 – 10 gelas. Banyak juga ya….

Tapi begitulah, kalau ingin sehat harus minum sebanyak itu.
Banyak yang beranggapan bahwa air putih hanya menjadi pelepas dahaga  belaka, itu dari segi pandangan masyarakat. Kalau dari segi medis, air putih sangat mempunyai banyak  manfaat. Nah, manfaatnya itu akan kita bahas pada artikel Manfaat Terapi Air Putih ini.

Sedikit mempertegas, salah satu  kebutuhan manusia yang harus di penuhi adalah minum, sama halnya makan, tidur, nyanyian, dll. Kalau kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka akan mempengaruhi kondisi tubuh manusia. Seseorang yang kekurangan makan tetap bisa bertahan sepanjang hari ataupun beberapa hari namun bila kita kekurangan air akan fatal akibatnya karenakan air adalah sisi terbesar dari komposisi tubuh manusia.

Air memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seseorang, selain untuk menghidrasi tubuh, air juga dapat mengobati beberapa masalah kesehatan yang umum. Sakit kepala, nyeri otot, hingga gangguan tidur dapat diatasi dengan terapi sederhana menggunakan air.

Manfaat Terapi Air Putih
Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang sering dialami oleh kebanyakan orang dan dapat diredakan dengan terapi air, seperti dilansir BestHealth antara lain:

1. Nyeri Otot
Sebuah studi pada tahun 2007 yang dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning Research melaporkan bahwa terapi air yang kontras (panas dan dingin) dapat meringankan nyeri otot. Air panas dan dingin secra bergantian dapat memberikan efek pemulihan pada otot yang nyeri setelah latihan berat.

Rendam bagian tubuh yang terasa nyeri pada air hangat yang cukup panas selama 3 menit, kemudian segeralah berpindah ke air dingin dan rendam selama sekitar 30 detik. Ulangi langkah ini sebanyak 2 kali dan akhiri dengan membasuhnya dengan air dingin.

2. Sakit Kepala
"Sakit kepala disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar di otak, air dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh dan meminimalkan rasa sakit," kata Johnathan Werynski, ahli hidroterapi dari Canadian College of Massage and Hydrotherapy.

Beberapa sakit kepala dapat diredakan dengan merendam tangan atau kaki ke dalam baskom berisi air es selama 30 detik sampai 10 menit. Tindakan ini dapat mengubah tekanan terhadap peredaran darah di otak.

Anda juga dapat langsung mengompres kepala dengan air dingin. Jika sakit kepala disebabkan oleh ketegangan pada leher dan bahu, basahi handuk dengan air panas dan terapkan ke area bahu untuk mengurangi rasa sakit.

3. Sinusitis
"Panas dapat mengarahkan aliran darah dari kepala dan sinus menuju kaki dan meredakan sinusitis," kata Meghan Bauer, seorang ahli naturopati di Toronto.

Untuk meringankan sinusitis yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada hidung, bungkus diri dalam selimut. Kemudian rendam kaki dengan air hangat yang cukup panas dan kompreslah kepala dan bagian belakang leher dengan air dingin secara bersamaan. Setelah 10 sampai 30 menit, bilas kaki dengan menggunakan air dingin.

4. Radang Sendi
Para ahli hidroterapi menyatakan bahwa terapi air dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas sendi pada penderita arthritis. Rendam bagian tubuh yang terpengaruh oleh arthritis dalam air es atau kompres bagian tersebut dengan es yang dibungkus handuk.

5. Gangguan Tidur
Mandi dapat memberikan efek menenangkan dan dapat mempromosikan tidur yang telah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Salah satu penelitian yang diterbitkan pada tahun 2002 dalam International Journal of Nursing Studies, melaporkan bahwa mandi air hangat dapat meningkatkan kualitas tidur pada para lansia dan membantu orang-orang dengan insomnia untuk tidur lebih cepat.

6. Mandi atau berendamlah dalam air hangat dan tempatkan kain dingin di dahi atau bagian belakang leher. Hal ini dapat memberi efek hangat pada tubuh sekaligus sejuk di kepala untuk mengatasi kelesuan dan kelelahan.
Artikel Terkait
Judul: Manfaat Terapi Air Putih; Ditulis oleh Al Mustakim; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar