Rabu, 22 Mei 2013

Cara Membuat USB Flash Disk Menjadi Installer Windows 7 Menggunakan WinToFlash


Hidup bermanfaat kalau berguna buat orang lain. Beberapa hari yang lalu temen minta tolong kepada saya untuk menggantikan system operasi (OS) nya dengan yang lebih baru karena OS yang lamanya bermasalah. Karena OSnya pada saat itu adalah windows 7, saya menyarankan kepada dia untuk menggantinya dengan windows 8 dan dia sepakat. Maka saya pun mulai menginstalkan windows 8 di laptopnya dengan menggunakan flashdisk.  Maklum sob, cara ini memang lebih simple meski laptopnya memiliki CD/DVD ROOM yang bisa di jadikan sebagai installer windows.

Selain di laptop, kita juga bisa menggunakan flasdisk untuk menginstal windows di komputer ataupun di notebook. Notebook tidak memiliki CD/DVD ROM, jadi kebanyakan mereka menggunakan flashdisk untuk menginstal windows di PC notebooknya. Saya pun seperti itu, notebook saya ini di install dengan menggunakan flashdisk.  
Untuk membuat installer windows 7 di Flashdisk, kita memerlukan bantuan sebuah software bernama WinToFlash. Dari namanya sudah bisa di tebak, software ini memindahkan windows ke Flasdisk sehingga bisa di jadikan installer. Bukan cuman windows 7, windows xp dan vista pun bisa di jadikan installer di USB Flash Disk dengan bantuan software ini.

 Silahkan download dulu WinToFlash-nya sebelum mulai mencoba. (Link download ada di bagian bawah postingan ini).

Langkah-langkah membuat Installer Windows 7 di Flashdisk dengan WinToFlash :

1.     Siapkan Flashdisk kosong dengan ukuran 4Gb atau 8Gb lebih baik. Kalau belum kosong, silahkan back up terlebih dahulu karena nanti akan di format ulang oleh WinToFlash.
2.    Siapkan pula file installer windows 7 atau windows xp, baik yang berupa DVD, ISO atau yang lainnya. Kalau belum punya silahkan minta sama teman yang punya.
3.    Ekstrak file WinToFlash yang telah anda download tadi  dan jalankan file WinToFlash.exe
4.    Pilih Menu “Transfer Windows Vista/2008/7/8 setup to USB Drive” untuk menyiapkan Windows kedalam flashdisk. ( pada gambar dibawah saya memilih itu karena saya akan menginstal windows 7 untuk komputer saya)
5.    Setelah itu klik “Run” dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut
6.    Perhatikan menu “vista setup files path:” silahkan anda klik select dan  tentukan di mana lokasi tempat folder windows yang sudah anda siapkan sebelumnya.
7.    Pada menu “USB Drive:” silahkan klik select dan tentukan lokasi flashdisk yang telah anda tancapkan. ( Nb: mulai dari sini, data di flashdisk akan hilang semua ).
8.     Klik tombol “Run” dan proses transfer segera berjalan. Tunggu saja, karena ini akan  agak lama tergantung kemampuan baca tulis flashdisk anda. Jika ada Tulisan error sewaktu menunggu abaikan saja, itu sebenarnya adalah iklan yang ingin ditampilkan tapi tidak terkoneksi dengan internet jadi tidak keluar.
9.    Setelah selesai. USB Flash Disk anda telah siap di gunakan sebagai installer Windows 7 (OS) ke PC anda.

Mudah bukan?
Namun dengan cara ini anda sangat membutuhkan kesabaran karena prosesnya membutuhkan waktu lama. Sekian dan terima kasih. Mudah-mudahan dapat membantu saudara sekalian.

Download WinToFlash  : -> (Pilih yang via http agar tidak ribet) .
Artikel Terkait
Judul: Cara Membuat USB Flash Disk Menjadi Installer Windows 7 Menggunakan WinToFlash; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

16 komentar:

  1. ada rekomendasi merk usb yang bgus gk buat jd installer windows?

    BalasHapus
  2. @pnet : kalau merek, bisa pakai apa aja bang,,,,
    asal usbnya masih layak pakai.

    BalasHapus
  3. Create windows XP/2003 Recovery Console USB Drive kegunaanya gimana bos

    BalasHapus
  4. ribet wintoflash ini, enakan pakai UNetbootin.. langsung klik, deal

    BalasHapus
  5. makasih tutorialnya sangat berguna nih,. mantap gan

    BalasHapus
  6. USB yang udah di pake jadi installer bisa di pake jadi USB biasa lagi gak kalau udah selesai?

    BalasHapus
  7. Thanks artikel tentang Cara Membuat USB Flash Disk Menjadi Installer Windows 7 Menggunakan WinToFlash sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Makasih sob artikel Cara Membuat USB Flash Disk Menjadi Installer Windows 7 bermanfaat

    BalasHapus
  9. Thanks Cara Membuat USB Flash Disk Menjadi Installer Windows 7nya gan

    BalasHapus
  10. Thanks artikel tentang Cara Membuat USB Flash Disk Menjadi Installer Windows 7 Menggunakan WinToFlashNYA SOB

    BalasHapus
  11. Thanks Cara Membuat USB Flash Disk Menjadi Installer,

    BalasHapus
  12. itu file iso sya download ,, perlu di burn gg gan ??

    BalasHapus
  13. buat agan yang gak mau ribet dan butuh USB Installer Windows, kami menyediakan beberapa paket, info lengkap USB MultiBoot OS

    BalasHapus
  14. makasih banyak buat infonya, di coba yaa..

    BalasHapus