Rabu, 22 Mei 2013

Cara Membuat USB Flash Disk Menjadi Bootable Windows 8

Hai sobat blogger, sudah lama saya tidak memposting. Maklum,, tugas kuliah menumpuk. Pada postingan kali ini saya ingin membagikan artikel mengenai cara membuat bootable installer windows 8 menggunakan flashdisk. Ya, sesuai namanya ini adalah cara di mana kita menjadikan flashdisk yang kita punya sebagai installer windows 8 di kompi kita. Cara ini seh, sering  di pakai pada notebook atau yang sejenisnya, karena  netbook sendiri tidak di lengkapi dengan CD/DVD ROM seperti halnya laptop atau komputer.  Jadi sekarang tanpa DVD Eksternal pun kita bisa menginstal notebook dengan Sistem Operasi (OS) yang kita suka tanpa harus meminjam kesana-kesini. Senangnya…

Kalau windows 7 kita bisa menggunakan WinToFlash,  atau melalui command prompt dan masih banyak cara lain lagi atau dengan menggunakan Rufus . Nah, untuk windows 8 kita hanya perlu sebuah software unik bernama Windows 8 USB Installer Maker. Software ini saya sebut unik karena pada saat pemprosesannya menjadikan flashdisk menjadi installer ia terlihat tidak merespon, namun sebenarnya ia sedang bekerja atau normal-normal saja. Sobat akan lebih memahaminya pada saat mempraktekkannya langsung. 

Mari kita mulai mempraktekkannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Tapi sebelum itu siapkan dulu file ISO windows 8 baik yang pro ataupun enterprise. Jika belum punya silahkan minta sama teman sobat, kalau mereka tidak punya juga, jangan khawatir  entar saya carikan  link downloadnya buat sobat.
Oke,kita asumsikan saja sobat sudah mempunyai file ISO windows 8 nya , check this out !

1.    Siapkan Flash Disk kosong Ukuran 4 GB atau 8 GB lebih bagus (tidak boleh di bawah 4 GB)  kemudian colokkan ke PC.
2.    Ekstrak file Windows 8 USB Installer Maker yang telah di download.
3.    Klik kanan file Win8USB.exe dan pilih Run as administrator maka akan muncul jendela aplikasi
4.    kemudian pilih drive Flash Disk anda dan pastikan  format dalam NTFS.
5.    Cari lokasi file installer Windows 8.iso yang telah anda download dengan mengklik tombol Search ISO.
6.    Centang format drive  dengan mengklik kotak Format drive untuk memastikan flash disk anda berada dalam format NTFS dan kapasitas yang di perlukan.
7.    Klik tombol create dan tunggu proses hingga selesai. Sobat bisa ngeteh atau baca buku dulu karena proses berjalan sangat lama.
8.    Pada saat mengklik tombol create tadi, maka proses unpacking instalasipun akan di mulai. Ini akan terlihat Not Responding. Namun jangan resah, itu masih tetap bekerja kok. Proses copy file tetap berjalan di background. Seperti saya katakana di atas, inilah uniknya software Windows 8 USB Installer Maker.
9.    Apabila telah muncul jendela Task complete, maka berarti proses unpacking telah selesai.
10.    Anda juga akan melihat log text dengan tulisan :
"Successfully updatd NTFS filesystem bootcode". Namun jika tidak coba klik tombol Fix USB boot.

Download Windows 8 USB Installer Maker :
download - >sharebeast.
*Warning : Harap di memberi komentar bila link di atas sudah tidak berfungsi lagi.

Cara ini membutuhkan kesabaran, sebab membutuhkan waktu yang cukup lama. Oke, sekian.
Artikel Terkait
Judul: Cara Membuat USB Flash Disk Menjadi Bootable Windows 8; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

2 komentar: