Jumat, 01 Maret 2013

Antisipasi Tindakan Login Phising di Facebook

Tahukah anda, Setelah beberapa tahun eksis di dunia maya, ternyata facebook masih menjadi salah satu situs yang popular, bahkan jumlah penggunanya pun kian bertambah khususnya di Indonesia. Namun, tentu saja ia masih berada di peringkat 2 setelah Google yang di peringkat 1, ini dari sudut pandang alexa. Kalau di lihat dari sudut pandang yang lain, facebook menduduki urutan teratas sebagai situs social networking dengan 812 juta anggota mengalahkan twitter, plurk dan friendster.

Dengan jumlah yang sedemikian banyak, muncullah niat jahat seseorang untuk mencuri data-data pribadi dari user facebook dan mengerjainya. Banyak contoh kasusnya, misalnya foto profil dari user facebook diganti dengan foto mesum ataupun hacking membuat status yang ‘hot’ di dinding user facebook. Tindak-tindak kejahatan seperti ini di namakan Facebook Login Phising dan Hack Fb .

Facebook login phising dilakukan dengan cara mengirimkan link halaman website palsu yang tampilannya benar-benar mirip Facebook. Bergitu pengguna Facebook terjebak dan dengan sukarela memasukkan nama login dan password, otomatis informasi tersebut akan masuk ke data pelaku hack fb dan akan dimanfaatkan untuk kepentingannya sendiri seperti menyebar spam alias iklan sampah ke akun-akun lain yang saling terkait.
 Tanda-tanda Facebook Login Phising cukup mudah dikenali. User menerima pesan dari contact list yang biasanya berisi kata-kata “Check this out”. Kemudian pelaku hack fb mengundang korban untuk meng-klik link yang akan membawa mereka kepada halaman palsu yang menyerupai login facebook. Ketika kita memasukkan username dan password pada halaman tersebut, maka pada hakekatnya kita sudah menyerahkan username dan password pada pelaku.

Tips untuk menangkalnya cukup mudah :
1.    Jika facebook adalah salah satu situs yang sering anda kunjungi, maka bookmark lah alamatnya (Ctrl + D).
2.    Jika trips 1 terlalu ribet, maka tulislah di google dengan kata kunci facebook. Lihat URL nya dan cari alamat facebook yang benar : www.facebook.com. Atau anda bisa mengetik URL www.facebook.com secara langsung di browser address bar.
3.    Hanya mengetik data rahasia pada website yang aman.
4.    Menginstall software untuk kemanan internet dan tetap mengupdate antivirus.
5.    Waspada terhadap email dan pesan instan yang tidak diminta.
6.    Back up data anda.

Oke, sekian tips dari saya. Lebih baik mencegah dari pada terlambat. Minimal ciri-ciri login phising facebook kita di ketahui, sehingga bila suatu saat ada yang ingin melakukannya, kita tidak akan menjadi korban.

Artikel Terkait
Judul: Antisipasi Tindakan Login Phising di Facebook; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

1 komentar: