Kamis, 28 Maret 2013

Cara Memperkecil Ukuran Gambar Menjadi Lebih Ringan

Cara Memperkecil Ukuran Gambar Ini perlu di lakukan kalau kita ingin mengupload gambar atau foto di internet dengan koneksi internet yang lemot. Kalau anda seorang blogger dan ingin mengupload gambar dalam postingan blog, maka meskipun koneksi internet yang anda miliki cepat, gambar itu tetap wajib di kompres . Hal ini untuk mempercepat loading blog  dan menghemat space hosting blog anda.

Beda halnya dengan facebook, seberapapun besar ukuran gambar yang ingin di upload itu tidak akan membawa mudharat buat anda. Kecuali koneksi internet anda lemot, maka anda perlu mengkompres ukuran gambar tersebut sehingga ukurannya menjadi kecil dan proses uploadpun dapat berjalan dengan lancar.

Oke untuk memperkecil ukuran gambar , kita menggunakan sebuah software unik bin serba guna bernama IrfanBachdim…. Eh salah, maksud saya IrfanView. Hohoho…. :D

Irfanview ini memang software kecil yang serbaguna, karena selain dapat memutar video dengan tipe file .FLV ia juga bisa membuka berbagai file gambar seperti picasa. Dan tentunya, ia bisa memperkecil ukuran gambar. Seperti apa yang kita bahas pada artikel kali ini.

Oke langsung saja,Cara Memperkecil Ukuran Gambar Menggunakan Irfanviwe ,yaitu :
1.    Dowload dulu softwarenya di link berikut : http://adf.ly/Llpv2 (Ziddu) atau http://adf.ly/OON9p (Sharebeast).
2.    Install dan tunggu sampai proses penginstalan selesai.
3.    Buka gambar yang ingin anda kompres dengan Irfanview
4.    Setelah gambar terbuka tekan CTRL+R maka menu resize/resample image akan tampil. Disana akan terdapat beberapa ukuran gambar yang bisa anda pilih. Ada yang berukuran  640×480, 800×600, 1024×768 silahkan pilih sesuai selera. Atau anda juga bisa merubah ukuran sesuai keinginan dengan menu ‘set new size’ atau menggunakan menu crop.
Jika kurang jelas berikut ini screenshot langsung dari laptop saya.


 5.    Setelah ukuran gambar sudah dipilih, langkah selanjutnya pilih file -> save as atau tekan S pada keyboard, tentukan ektensi gambar yang anda inginkan misalnya jpg, png, gif dan  tentukan juga dimana anda ingin menyimpan gambar tersebut. Lalu pada kotak sebelah kanan silahkan anda pilih save quality dengan menggeser-geser ukuran mulai dari 0 sampai 100. Semakin kecil angka yang anda pilih maka semakin kecil pula gambar yang akan dihasilkan, begitu pula sebaliknya.



Saya sarankan pilih angka dari 70-80 an agar kualitas gambar yang akan dihasilkan nantinya tidak terlalu buram.
6.    Selamat,,, foto anda telah berukuran kecil.

Oke, cukup sekian, semoga cara mengecilkan ukuran foto dengan IrfanView kali ini bermanfaat buat saudara. Sayonara…
Artikel Terkait
Judul: Cara Memperkecil Ukuran Gambar Menjadi Lebih Ringan; Ditulis oleh Al Mustakim; Rating Blog: 5 dari 5

7 komentar:

  1. artikelnya bagus gan,,,
    jadi penambah ilmu buat saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama sob... senang bisa membantu.

      Hapus
  2. apakah hasilnya bisa sebagus gambar/foto yg ada di google search (image) mas ? misal ukuran file cuma di bawah 10Kb tapi kualitas gambar tetap oke

    BalasHapus
  3. @walbut.net : gambar yang sudah di perkecil ukurannya akan mempengaruhi kualitas gambar. Semakin kecil ukurannya akan maka gambar akan low quality semakin besar ukurannya semakin high quality. Jadi, pertengahan mas yang bagus. Selain karena ukuran gambar tidak terlalu besar, trus gambarnyapun tidak jelek-jelek amat.

    BalasHapus