Sabtu, 23 Maret 2013

Cara Menangkal Serangan Netcut yang Memutuskan Jaringan Internet Seseorang

Cara Menangkal Serangan Netcut - Suatu ketika anda sedang browsing dan tiba-tiba koneksi internet di wifi-hotsopt anda lemah bahkan lebih parah lagi tidak berjalan sedikit pun. Ini di ketahui ketika ada suatu page artikel yang tidak dapat ter-load pada saat browsing. Jika hal tersebut memang terjadi, ada 2 kemungkinan.Pertama, koneksi internet tersebut terputus memang secara alami. Kedua, koneksinya terputus karena  sobat sedang di kerjai oleh user nakal bin jahil yang menggunakan netcut untuk memutuskan koneksi internet.

Jangan buru-buru mematikan kompi dan langsung pulang. Telusuri terlebih dahulu apakah terputusnya akses internet pada saat itu murni tanpa ada unsur kesengajaan pihak lain .

Langkah pertama, cek system transfer server wifi-hotspot anda. Langkah-langkah: Run => ketikkan : Ping IP wifi hotspot anda -t. (Misal, Ping 192.168.78.1 –t). IP jaringan wireles saya adalah 192.168.78.1. Silahkan ganti dengan IP jaringan wireles anda untuk melihat transfer jaringan internet anda. Perhatikan gambar di bawah untuk lebih jelasnya :
Gambar 1. Mengecek Sistem Transfer IP Server
Setelelah OK, maka akan muncul jawaban seperti berikut :

Gambar 2. Keadaan Transfer IP Server
TTL 64 pada gambar 2 di atas, menunjukkan bahwa transfer internet bagus. Jika system transfer server bagus, sementara koneksi internet anda terputus, maka berarti ada sesuatu yang ganjil.

Langkah kedua, jika di sekitar anda ada orang lain yang sedang OL, tanyakan padanya apakah koneksi internet di kompinya baik-baik saja atau tidak. Jika ternyata baik-baik saja sementara anda tidak bisa terhubung ke jaringan wifi hotspot, maka benar bahwa ada user nakal yang sedang beraksi.
Pada saat itu, sobat perlu mengambil tindakan. Kemungkinan ada seseorang yang menggunakan netcut untuk mengcut jaringan wifi-hotspot saudara.

Jangan khawatir, saya akan berbagi tips untuk menangkal serangan Netcut. Berikut langkah-langkahnya :

1.    Rubah IP address anda apabila merasa dijahili dengan Netcut. Karena netcut melisting ip addres di dalam jaringan. Untuk lebih amannya, ubah IP anda dekat dengan ip server atau gateway tujuannya yaitu untuk mengelabui si attacker netcut.

2.    Matikan layanan workstation.
- Run, kemudian ketik services.msc
- cari layanan workstation
- jika sudah ketemu, klik kanan, properties, klik tombol stop

3.    Serang balik si pengguna netcut ini. karena si pengguna netcut ini sebagai gateway, banjiri komputernya  dengan ping secara terus menerus dengan mengetikan google.com -t pada cmd (command prompt). cara ini akan membuat komputer pengguna netcut hang.

4.    Gunakan software bantu, seperti anti netcut, port  monster,dsb yang bisa anda download di google.

5.    Hidden komputer dari LAN pake XP antispy. Kelebihan dari software ini adalah setelah saya browsing ternyata ia dapat menonaktifkan program-program yang tidak di perlukan. Dengan kata lain, si pengguna netcut tidak akan mendeteksi komputer kita karena ia tidak dapat menemukan aktifitas di komputer kita.

6.    Rubah  MAC Address anda dengan menggunakan software K-MAC. Silahkan di download . MAC Address sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address yang fungsinya untuk mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. Jadi untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh MAC address di komputer saya.
Sekian cara menangkal serangan netcut. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi saudara sekalian.
Artikel Terkait
Judul: Cara Menangkal Serangan Netcut yang Memutuskan Jaringan Internet Seseorang; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

5 komentar: